Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939 28.3.2017 08:00
March 2017
S M T W T F S
26 27 28 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31 1

Kubu Raya Segera Anggarkan Pembangunan Pemecah Ombak

Kamis, 16 Maret 2017

Sungai Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya segera menganggarkan dana pembangunan pemecah ombak di Desa Kuala Karang, Kecamatan Teluk Pakedai.

“Tahun 2018 ini, kita akan menganggarkan pembangunan pemecah ombak di laut lepas di Desa Kuala Karang karena ombak yang tinggi dan kuat sudah mengancam pemukiman warga,” kata Bupati Kubu Raya Rusman Ali.

Dia menjelaskan, dari hasil kunjungannya ke Desa Kuala Karang, ada sekitar 2 RT yang terancam tenggelam bila pemecah ombak tidak segera dibangun sebagai solusi.

“Pada musim tertentu ombak sangat tinggi dan sangat kuat yang membuat pemukiman warga kian tergerus dan terancam tenggelam dan ini mengancam keselamatan warga kita, untuk itu akan segera kita bangun pemecah ombak,” tuturnya.

Selama ini kondisi tersebut membuat masyarakat seringkali waswas, terutama apabila masuk musim-musim tertentu.

“Kita harus utamakan keselamatan masyarakat kita. Untuk itu tahun depan pemecah ombak disini akan kita anggarkan,” katanya.

Dia mengakui, memang pemecah ombak ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun dirinya akan memperjuangkannya demi masyarakat disana.

Menurutnya, untuk membangun pesisir di Kabupaten Kubu Raya membutuhkan perencanaan dan konsep pembangunan yang matang dan komprehensif. Apalagi pesisir Kubu Raya sangat luas dan hampir di seluruh kecamatan memiliki desa pesisir yang dihuni oleh mayoritas nelayan tradisional, dengan segala problematika kehidupan yang mereka hadapi.

Mulai dari kesejahteraan masyarakat, rumah tidak layak huni akses pendidikan dan kesehatan yang terbatas.

Untuk menata pesisir Kubu Raya, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali turun langsung ke lapangan guna memastikan kebutuhan dasar masyarakat pesisir. Hal ini Sebagai dasar dalam menyusun program dan perencanaan pembangunan pesisir Kubu Raya.

“Membangun pesisir Kubu Raya membutuhkan perencanaan yang matang dan konsep yang jelas, sehingga program-program kita dapat bermanfaat langsung dengan masyarakat. Daerah pesisir memiliki persoalan yang sangat kompleks, mulai dari tingkat kesejahteraan, keterbatasan akses pendidikan dan kesehatan serta rumah-rumah tinggal yang tidak layak huni,” katanya.

Dijelaskan Rusman Ali, saat ini wilayah pesisir Kubu Raya terus dilakukan pembangunan. Mulai dari penyediaan layanan dan fasilitas pendidikan dan kesehatan. Yang secara bersama-sama melalui program SKPD terkait dilakukan pembinaan dan pendampingan terhadap para nelayan di pesisir Kubu Raya.

“Program tersebut dimaksudkan untuk semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan di Kubu Raya,” tuturnya.

=========================

SUMBER