Dirjen Bina Adwil Kemendagri Apresiasi Bupati Kubu Raya Lindungi 320 Redkar dengan Asuransi

Rabu, 29 Maret 2023 | Kuburaya

Kubu Raya - Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA yang juga pembina Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Seluruh Indonesia menyatakan bahwa keberadaan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) memainkan peranan penting untuk mengurangi ketimpangan jumlah personil.

Untuk itu, upaya Pemerintah Kubu Raya yang melindungi Redkar melalui BPJS Ketenagakerjaan tentunya patut diapresiasi.

"Afirmasi kebijakan ini sangat simpatik, meskipun Redkar berjuang tanpa pamrih, namun kepedulian dari Pemerintah Daerah, seperti Pemkab Kubu Raya, tentu akan semakin memompa semangat para anggota Redkar dilapangan," ujar Safrizal dalam keterangannya, Selasa (28/3/2023)

Menurut Safrizal, adanya perlindungan bagi Redkar melalui BPJS Ketenagakerjaan sangatlah wajar mengingat daya juang sangat diperlukan dalam menghadapi dinamika ancaman bencana kebakaran yang terus meningkat.

Salah satunya prediksi yang disampaikan BMKG bahwa tahun ini kemarau kering akan berlangsung cukup panjang sehingga akan meningkatkan pula potensi terjadinya Karhutla.

"Strategi aksi yang dijalankan oleh Bupati Kubu Raya, saya lihat sebagai kebijakan yang visioner, dimana melindungi Redkar sama artinya melipatgandakan kekuatan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dalam mitigasi bencana kebakaran dan ancaman Karhutla ke depan," ungkap Safrizal.

Dilain pihak, anggota Redkar yang telah terdaftar dalam aplikasi Redkar Kemendagri akan memudahkan pendataan. Melalui pemanfaatan teknologi informasi, keberadaan Redkar dapat bertambah dalam skala luas dan jumlah yang masif.

"Kami mendorong semua Pemda untuk memanfaatkan aplikasi Redkar ini. Keunggulan jika sudah masuk ke dalam aplikasi redkar Kemendagri, tentunya akan menjadi Big Data yang turut menentukan berbagai falisitas atau afirmasi kebijakan dari pemerintah daerah, sehingga anggota kian bertambah, manfaatnya semakin berkah," ujar Safrizal.

Sebagai informasi, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan memberikan perlindungan melalui BPJS Ketenagakerjaan kepada 320 Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) yang tersebar di 20 desa dan empat kecamatan.

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah mengganggarkan melalui APBD nya untuk memberikan perlindungan bagi 320 Redkar ini.

“Jumlah 320 Redkar ini baru sebagian dari jumlah Redkar yang tersebar di 123 desa dan 9 kecamatan, yang mana pada saat ini, baru 20 desa dari empat kecamatan,” ungkap Muda.

Muda memandang, pengorbanan dan kerja-kerja para Redkar harus diapresiasi, karena kebanyakan dari Redkar juga memiliki profesi lainnya seperti mengajar, swasta, restoran, bengkel, pekebun dan lain sebagainya.

“Melalui BPJS Ketenagakerjaan ini, Redkar sudah ditanggung dan mendapatkan jaminan kecalakaan kerja dan bahkan sampai resiko terburuk meninggal dunia pun, mereka tetap mendapatkan jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan dan bagi yang memiliki anak, maka anak mereka juga akan mendapatkan beasiswa pendidikan sampai sarjana,” pungkas Muda.

sumber